Sunday 28 February 2010

Peramal Masa Depan, John Naisbitt

Black in News,

Di ‘Black Generation: Huh?’ saya pernah mengatakan kita dapat memprediksi masa depan dari masa lalu atau masa sekarang (karena di masa depan, masa kini adalah masa lalu).

Bukti nyata dari pernyataan itu adalah Megatrends, sebuah buku bestseller skala internasional. Buku ini ditulis tahun 1982 and telah diterjemahkan dan diterbitkan di 57 negara. Buku ini berisi sejumlah perkiraan tentang masa depan. Tema yang diangkat berkisar seputar ekonomi, industri, dan perkembangan informasi.

Fokus penjabaran Megatrends berkisar perubahan di informasi ekonomi, fokus global ekonomi, dan semakin tingginya peran teknologi dalam kehidupan manusia.

Setelah bertahun-tahun, terbukti bahwa ramalan Megatrends terbukti benar. Sehingga Megatrends pernah menjadi nomor satu selama berminggu-minggu di Amerika, Jepang, dan Jerman. Buku ini juga berada di daftar bestseller The New York Times lebih dari dua tahun. Hingga saat ini sudah terjual sebanyak 8 juta eksemplar.

John Naisbitt bukan Mama Lauren. Ia meramal berdasarkan pola tertentu di masa kini. Seperti sebuah pepatah yang mengatakan, sejarah pasti berulang. Ternyata setelah diteliti, Naisbitt menemukan trend atau pola dari kejadian-kejadian di seluruh dunia.

Ia tidak hanya meramal sendiri. Tapi ia juga berdiskusi dengan berbagai ahli ekonomi tentang penemuannya. Hasilnya, ia banyak menulis buku best seller tentang ramalan masa depan. Antara lain, Mind Set dan Cina Megatrends.

Black Note: Bos, bisa ramalin pasangan saya di masa depan?

No comments:

Post a Comment