Tuesday 2 February 2010

Medical Generation

Black In News,

2700-2600 Sebelum Masehi(SM)—Dokter Pertama yang Diakui

Imhotep adalah dokter pertama yang diketahui namanya. Ia menjadi berpraktik menjadi dokter selama dinasti ketiga Mesir. Lalu pada 2697 to 2597 SM, Huang-Ti, raja Cina menulis ‘The Theory of the Body's Interior’. Dalam buku ini, Huang-Ti menyatakan penyakit dalam tubuh manusia disebabkan perubahan di dalam tubuh. Buku ini juga referensi pertama yang mencatat aliran darah yang teratur ke seluruh tubuh.

1750 SM—Bayaran Operasi Termurah

Hammurabi adalah raja Babilonia dari 1795-1750 SM. Ia adalah yang pertama membuat hukum yang dikenal sebagai Kode Hammurabi. Di dalam hukum tersebut juga tercantum hukum kedokteran. Undang-undang tahun 215 menyatakan: "Jika dokter melakukan operasi dengan pisau dan bisa menyembuhkan pasien, atau dia membedah tumor (di bagian atas mata) dan pasien sembuh dan matanya selamat, dokter itu harus dibayar 10 shekel”. 10 shekel senilai 30 ribu rupiah saat ini.

1000 SM—Diagnosis Kedokteran Pertama

Di sebuah prasasti berjudul “The Treatise of Medical Diagnosis and Prognosisis” yang ditemukan di Babilonia, ada penjabaran tentang 3000 gejala penyakit dan akibatnya.
1536 M—Bapak Pembedahan Modern
Ambroise Paré, dokter bedah Prancis adalah Bapak Pembedahan Modern. Ia menyumbangkan langkah kemajuan pertama dalam pembedahan selama masa peperangan Turin.
Pada masa itu, cara menghentikan pendarahan adalah dengan menuangkan minyak panas ke luka tersebut. Suatu waktu, Ambroise Paré kehabisan minyak. Maka ia menggunakan perban yang berisi ramuan turpentine—sari pinus—yang dicampur dengan minyak bunga mawar dan kuning telur. Ternyata luka para prajurit sembuh lebih cepat.
Semenjak itu, cara menghentikan pendarahan dengan minyak mendidih tidak pernah lagi digunakan.

1753 M—Penemuan Obat Sariawan

Kita yang pernah sariawan harus berterima kasih pada James Lind, dokter bedah kelautan Skotlandia. Ia penasaran pada penyakit ini dan melakukan penelitian pada 12 pelaut yang menderita sariawan selama pelayaran panjang.
James sudah mengira pelaut kurang makan buah-buahan. Tapi penyebab utamanya belum pasti. Pelaut itu dibagi menjadi grup-grup kecil. Setiap grup diberikan suplemen yang berbeda-beda. Salah satu grup juga diminta mengkonsumsi jeruk dan lemon. Ternyata penyembuhan paling nyata dialami grup yang diminta mengkonsumsi jeruk dan lemon.

Black Note: Imhotep bukannya mumi di film itu ya?

Anda mungkin tertarik juga membaca:

'Putri Tidur' Bukan Dongeng

Penyakit Tidur yang Langka

Vampir, Adakah Penjelasannya?

No comments:

Post a Comment